Keuntungan Menjadi Vegetarian


Keuntungan Menjadi Vegetarian - Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata vegetarian? Mungkin kata paling tepat yang bisa menggambarkan adalah tak enak sebab ingatan kita langsung tertuju pada makanan yang didominasi sayuran. Kenyataannya, vegetarian enggak seburuk itu. Lagi pula gaya hidup tanpa daging ternyata sudah ada sejak tahun 1847.Apa saja keuntungan menjadi vegetarian nah simak ulasan Indonesia Newz yang berikut ini.

Tahukah kalian apa itu vegetarian alias gaya hidup tanpa daging? Gaya hidup ini dibagi menjadi vegetarian dan vegan. Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh–tumbuhan dan tak mengonsumsi makanan yang berasal dari daging makhluk hidup. Mereka masih mengonsumsi tumbuhan laut, seperti rumput laut, dan produk olahan hewan, seperti telur, susu, madu, dan keju.

Sedangkan vegan adalah kelompok nabatiwan paling ketat. Mereka hanya makan dari bahan makanan nabati, sama sekali tak memakan bahan olahan hewan.

Para vegetarian dan vegan juga tak menggunakan produk nonmakanan, seperti pakaian, sepatu, tas, kosmetik atau obat yang berasal dari hewan. Vegetarian dan vegan kini menjadi gaya hidup internasional yang digandrungi warga di banyak negara. seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

Para vegetarian atau vegan punya alasan mengapa memilih gaya hidup itu. Awalnya ada yang terpaksa karena berkaitan dengan kondisi kesehatan mereka. Misalnya, menurut dokter, dia alergi unsur yang mengandung protein hewani sehingga harus berpantang makan dan minum hasil produk hewan.

Ada pula vegetarian karena berkaitan ajaran agama, misalnyanya pemeluk agama Buddha. Namun, dalam perkembangannya, banyak orang memilih mengikuti pola hidup vegetarian agar lebih sehat. Michael (30-an), misalnya, semula mengonsumsi makanan vegetarian untuk makan pagi saja. Lama-kelamaan setiap hari ia hanya mengonsumsi makanan dari tumbuhan.

Sejak menjadi vegetarian, ia merasa lebih sehat. ”Saya vegetarian selama 14 tahun ini. Manfaat vegetarian itu banyak, saya merasa tubuh ini lebih sehat dan jarang sakit dibanding saat masih makan daging,” katanya. Paula (21), yang belajar vegetarian sejak empat tahun lalu, merasakan hal sama.

Vegetarian Lebih Panjang Umur

Ingin memiliki panjang umur? Cobalah menjadi vegetarian. Menurut sebuah penelitian, orang yang vegetarian, terutama pria, hidup lebih lama dibanding kebanyakan orang. 

Peneliti dari Loma Linda University di California menemukan bahwa pria dari kelompok Advent yang memang tidak mengonsumsi daging rata-rata hidup sampai usia 83,3 tahun sementara kaum wanita yang vegetarian hidup sampai usia 85,7 tahun. Usia tersebut lebih tinggi sekitar 6-9 tahun dari populasi kebanyakan. 

Penelitian sekitar tahun 1970 dan 1980  yang mengamati sekitar 10.000 orang dari kelompok Advent Hari Ketujuh juga menemukan bahwa usia mereka lebih panjang. 

Dalam penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam Food & Nutrition Conference and Expo dengan melibatkan 96.000 orang di Amerika Serikat dan Kanada, hal tersebut semakin dikuatkan. Meski penelitian itu belum selesai sepenuhnya namun ketua peneliti Gary E Fraser mengungkapkan bahwa selain panjang umur, penganut vegetarian umumnya lebih langsing. 

Selain itu para penganut pola makan vegetarian juga lebih jarang menderita resistensi insulin dibanding orang yang makan daging. 

"Orang yang menganut pesco-vegetarian atau semi-vegetarian yang membatasi produk makanan hewani namun masih makan daging seminggu sekali, memiliki proteksi tingkat menengah," kata Fraser.

Vegetarian Jarang Sakit Jantung

Enggak susah mendapatkan makanan vegetarian. Di rumah, kita juga bisa mengonsumsi makanan jenis ini. Misalnya dengan membuat makanan berbahan tahu, tempe, jamur dan aneka sayuran.

Bila bosan, boleh mencoba makan di restoran vegetarian yang ada. Makanan vegetarian juga ada di toko-toko penyedia produk itu. Ada banyak produk buatan dalam dan luar negeri, seperti saus barbekyu seharga Rp 30.000 per kaleng dan bakso 50 butir berharga Rp 28.000.

Semakin maju teknologi dan peralatan, membuat teknologi pembuatan makanan vegetarian makin bervariasi. Produsen juga makin inovatif menciptakan menu baru yang membuat orang bukan vegetarian pun terkecoh karena makanan dan rasanya hampir sama dengan aslinya. Empal daging, misalnya, untuk vegetarian dibuat dari jamur yang ditumbuk dengan bumbu sama seperti empal daging.

Untuk mereka yang ingin menu bervariasi, bisa membeli bahan mentah makanan vegetarian, seperti bakso, chicken nugget, ikan fillet, rendang, dan sate. Tak hanya lauk, makanan ringan vegetarian juga ada, seperti kerupuk ikan, rumput laut, tempura dan keripik.Jadi, enggak susah kan mencari makanan vegetarian.

Menjadi vegetarian dipilih oleh mereka yang ingin menerapkan gaya hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Salah satu penyakit yang bisa dihindari adalah penyakit jantung. 

Menurut penelitian, risiko penganut vegetarian untuk mendapat perawatan atau meninggal akibat penyakit jantung lebih rendah 32 persen. 

Manfaat nyata dari pola makan vegetarian itu antara lain kadar kolesterol yang rendah, tekanan darah, dan berat badan terjaga. 

Penelitian mengenai kaitan antara penyakit jantung dengan gaya hidup vegetarian ini dilakukan dengan melibatkan 44.500 orang di Inggris dan Skotlandia. para peneliti dari Universitas Oxford menganalisa data dari 15.100 vegetarian dan 29.400 orang yang tetap mengonsumsi daging serta ikan.

"Pesan pentingnya adalah pola makan sangat berpengaruh pada terjadinya penyakit jantung," kata Dr.Francesca Crowe. 

Meski begitu ia tidak menyarankan setiap orang untuk menjadi vegetarian. "Pola makan rendah lemak jenuh seperti yang dianut vegetarian membuat mereka memiliki level kolesterol rendah dan tidak kegemukan," katanya.

Menurut Tracy Parker dari Yayasan Jantung Inggris, hasil penelitian ini bisa mengingatkan kita akan pentingnya pola makan yang seimbang dan bervariasi, meski kita mengasup daging. 

"Memilih menjadi vegetarian bukanlah jalan pintas untuk terhindar dari penyakit jantung. Apalagi masih ada beberapa pilihan makanan vegetarian yang tetap tinggi lemak jenuh dan garam," kata Parker.

Ia mengingatkan, jika Anda berniat untuk menjadi vegetarian, rencanakan dengan cermat pola makan sehingga kita tidak akan kekurangan nutrisi yang penting, seperti zat besi yang banyak terdapat dalam daging.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment